Panggilan Hati

Kalo namanya panggilan hati sih, udah gak ada kata lagi buat ngeluh, paling ngeluh sebentar, tapi setelah itu? Bernafas lagi, menikmati lagi.

Kali ini ceritaedo datang dari seorang tukang AC keliling.

Dasar emang bangunan tua bekas toko alat-alat bangunan yang disulap jadi kos-kosan ini, sampai AC-nya pun gak bisa dibilang bagus banget. Walopun memang harga bulanannya udah bisa buat nyicil apartment, alhasil si AC bukan cuma gak dingin, bocor membanjiri kamar pun beberapa kali dialami oleh tetangga sebelah kamar.

ddfg-griffinteknika-com
Source: griffinteknika

Entah salah apa, padahal untuk merokok saja, aku harus keluar kamar, demi menjaga aroma kamar, malam itu telingaku diusik oleh suara aneh. Karena pernah mendengar suara yang hampir miri yang ternyata adalah musuh semua cowok macho sejagat raya: Kecoa, dengan sigap aku ambil korek dan bodyspray (I’ll burn this mudafeka!!!!) sembari menyalakan lampu kamar. Kebayang kan gimana caranya melakukan 3 hal sekaligus:

Mencari korek dan mengambil bodyspray serta menghidupkan lampu hampir secara bersamaan??

Aku terlatih. Menghadapi mereka.

Saat lampu nyala dan menerangi karirku yang akan selalu bersinar terang (Halah!! yonglek), kok tak ada pergerakan yang nyata dari si mudafeka ini? Hhhmm.. False alrm pemirsa. Itu suara air dari AC yang membanjiri lantai dekat pintu kosan mungil ini.
Singkat cerita, datanglah si abang AC, ngobrol-ngobrol. Inilah yang kudapat darinya:
Bapak 2 anak ini hanya finish di bangku sekolah menengah atas, tanpa ada pengalaman dengan listrik sedikitipun. Mungkin kini Ijazah SMA saja dihargai setangah harganya dari S1. Mungkin. Malah Ibuku sendiri berkata,”Udahlah! Ambil aja S2 itu, udah gak laku lagi Ijazah S1 mu di luaran sana,” begitu katanya.

Tapi, apakah mamak tau, berapa banyak lulusan S2 yang masih disubsidi orangtuanya? Berapa banyak lulusan SMA yang kini punya usaha sendiri, Mak?

Si bapak kesana kemari ikut orang katanya. Masang listrik mulai dari rumah kecil, sampe gedung pencakar langit sudah dilakoninya. Masuk ke gorong-gorong AC, bergelantungan di dalam lorong lift juga sering.

Namanya panggilan hati? Steve Irwin dengan buayanya, Christiano Ronaldo dengan Ballon D’or-nya, Kim Kadarshian dengan………….. -_-

Ya pokoknya, apapun itu ketika hal itu sudah menjadi panggilan hati, apapun yang kita lakukan tidak akan terasa berat. Seperti bernafas.

Mengalir seperti air.

Aku juga masih bertanya, apa panggilan hatiku sebenarnya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s